Nyamuk Aedes Aegypti

Nyamuk Aedes Aegypti

Wednesday, March 2, 2011

Beras Merah Ampuh Obati Pasien Demam Berdarah

Beras merah bisa digunakan untuk meningkatkan trombosit bagi penderita demam berdarah (DB). Ada zat dalam beras merah yakni lovastatin yang diambil untuk jadi obat meningkatkan trombosit.

Tapi obat yang diambil dari beras merah ini hanya dianjurkan untuk penderita DB dewasa. Bagi anak-anak tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat dari beras merah tersebut. Pasalnya anti bodi pada anak-anak belum terbentuk, sehingga dikhawatirkan menimbulkan efek samping.
Obat dari beras merah ini diberikan saat penderita didiagnosa pertama kali terkena demam berdarah. Obat diberikan 3 x 1 dalam sehari dalam bentuk kapsul. Obat ini tidak bisa dibuat sembarangan karena difermentasi secara khusus di pabrik farmasi.

Sementara untuk jangka panjang, obat beras merah ini bisa digunakan menurunkan kolesterol.
http://getnew-information.blogspot.com/2009/06/beras-merah-ampuh-obati-pasien-demam.html
Jum
05
Peb
2010
Demam Berdarah Dengue (2)
Written by Nita, Khuswatun, dkk Published in: Kesehatan Comments 0 Pdf Print Email
Pengendalian Populasi Aedes sp

Strategi pemberantasan DBD lebih ditekankan pada upaya preventif, melaksanakan penyemprotan massal sebelum musim penularan di daerah endemis, yang merupakan pusat penyebaran penyakit ke wilayah lainnya. Strategi itu diperkuat dengan menggalakkan pembinaan peran serta masyarakat, dalam kegiatan pemberantasan sarang nyamuk, melaksanakan penanggulangan fokus di rumah penderita dan disekitar tempat tinggal penderita guna mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB), dan melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat melalui berbagai media(Sungkar, 2005b).

Pemberantasan vektor terutama ditujukan untuk memutuskan rantai penularan. Pada dasarnya ada 3 cara intervensi yang biasa digunakan: pengelolaan lingkungan, biologik dan kimiawi (Sugito, 1990).
Pengelolaan lingkungan ini adalah mengusahakan agar kondisi lingkungan tidak atau kurang disenangi nyamuk sehingga umur nyamuk berkurang dan tidak mempunyai kesempatan untuk menularkan penyakit atau mengusahakan agar kontak antara nyamuk dan manusia berkurang serta menghalangi proses perkembangbiakan nyamuk. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan menambah pencahayaan ruangan, mengurangi tanaman perdu, tidak membiasakan menggantung pakaian, menutup kontainer, menguras kontainer secara rutin, dan lain-lain (Sugito, 1990).

Intervensi biologis dilakukan dengan memanfaatkan musuh-musuh nyamuk yang ada di alam. Ikan kepala timah dan beberapa jenis ikan hias serta larva Toxorhinchites spp diketahui merupakan predator jentik nyamuk (Sugito, 1990). Intervensi kimiawi adalah pemberantasan nyamuk dengan menggunakan bahan kimia. Bahan kimia yang banyak digunakan adalah golongan organofosfat. Malathion digunakan untuk memberantas nyamuk dewasa, sedang temephos digunakan untuk jentiknya (Sugito, 1990)

1. Survei larva
Survei adalah penyelidikan informasi secara sistematis tetapi tidak menggunakan metode eksperimental (Abramson, 1984). Survei entomologi DBD yang mempelajari ekologi vektor, cara pemberantasan vektor dan cara-cara menilai hasil pemberantasan vektor, diperlukan untuk menunjang keberhasilan pemberantasan nyamuk vektor (Depkes RI, 1990).
Pengamatan vektor harus dilakukan secara rutin meliputi studi ekologi dan epidemiologi. Secara khusus hal-hal yang harus diperoleh di survei vektor DBD adalah:
a. Menentukan daerah yang berisiko tinggi (daerah dengan kepadatan vektor tinggi dan kasus endemik tinggi) dengan cara menentukan area berdasarkan distribusi vektor dan adanya kasus DBD, sehingga area ini dapat diberikan prioritas penanganan baik pada situasi normal maupun pada saat wabah terjadi.
b. Melalui pengamatan rutin perubahan dalam kepadatan vektor, distribusi dan parameter lain yang berhubungan dengan kapasitas vektorial.
c. Menentukan fluktuasi jumlah populasi vektor berdasarkan musim.
d. Menentukan tempat perkembangbiakan utama nyamuk (breeding sites) sehingga dengan partisipasi masyarakat, breeding sites dapat dieliminasi (Pant and Self, 1993).
Secara garis besar survei vektor DBD dapat dibedakan menjadi survei larva dan survei nyamuk dewasa.Ada dua jenis metode survei larva, yaitu:
Metode Survei Jentik:
1) Single larva
Cara ini dilakukan dengan mengambil satu jentik di setiap tempat genangan air yang ditemukan jentik untuk diidentifikasi lebih lanjut.
2) Visual
Cara ini cukup dilakukan dengan melihat ada atau tidaknya jentik di setiap tempat genangan air tanpa mengambil jentiknya. Ukuran-ukuran yang digunakan untuk mengetahui kepadatan jentik Aedes aegypti:
(a) Angka Bebas Jentik (ABJ):
Jumlah rumah tidak di temukan jentik X100%
Jumlah rumah yang diperiksa
(b) House indeks (HI)
Jumlah rumah yang di temukan jentik X100%
Jumlah rumah yang diperiksa
(c) Container index (CI)
Jumlah Container dengan jentik X 100%
Jumlah Container yang diperiksa
(d) Breteau index (BI) yaitu jumlah wadah yang positif terdapat jentik dalam 100 rumah.
Container: tempat atau bejana yang dapat menjadi tempat berkembang-biaknya nyamuk Aedes aegypti.

Angka Bebas Jentik dan House Index lebih menggambarkan luasnya penyebaran nyamuk di suatu wilayah. House index kurang dari 10% menggambarkan kecepatan penularan DBD rendah, sedangkan jika house index lebih dari 10% menggambarkan potensial terjadinya penularan DBD.
http://www.rajawana.com/artikel/kesehatan/447-demam-berdarah-dengue-2.html
komentar

1 comment:

  1. Ada Obat Herbal Alami yang aman & efektif. Untuk Panggilan Cure Total +2349010754824, atau email dia drrealakhigbe@gmail.com Untuk Janji dengan (Dr.) AKHIGBE hubungi dia. Pengobatan dengan Obat Herbal Alami. Untuk: Demam Berdarah, Malaria. Menstruasi yang Nyeri atau Tidak Teratur. HIV / Aids. Penderita diabetes. Infeksi vagina. Keputihan Vagina. Gatal Dari Bagian Pribadi. Infeksi payudara. Debit dari Payudara. Nyeri & Gatal pada Payudara. Nyeri perut bagian bawah. Tidak Ada Periode atau Periode Tiba-tiba Berhenti. Masalah Seksual Wanita. Penyakit Kronis Tekanan Darah Tinggi. Rasa sakit saat berhubungan seks di dalam Pelvis. Nyeri saat buang air kecil. Penyakit Radang Panggul, (PID). Menetes Sperma dari Vagina Serta Untuk jumlah sperma rendah. Penyakit Parkinson. Lupus. Kanker. TBC Jumlah sperma nol. Bakteri Diare.Herpatitis A&B, Rabies. Asma. Ejakulasi cepat. Batu empedu, Ejakulasi Dini. Herpes. Nyeri sendi. Pukulan. Ereksi yang lemah. Erysipelas, Tiroid, Debit dari Penis. HPV. Hepatitis A dan B. STD. Staphylococcus + Gonorrhea + Sifilis. Penyakit jantung. Pile-Hemorrhoid. Rematik, tiroid, Autisme, pembesaran Penis, Pinggang & Nyeri Punggung. Infertilitas Pria dan Infertilitas Wanita. Dll. Ambil Tindakan Sekarang. hubungi dia & Pesan untuk Pengobatan Herbal Alami Anda: +2349010754824 dan kirimkan email ke drrealakhigbe@gmail.com Catatan Untuk Pengangkatan dengan (Dr.) AKHIGBE. Saya menderita kanker selama setahun dan tiga bulan meninggal karena sakit dan penuh patah hati. Suatu hari saya mencari melalui internet dan saya menemukan kesaksian penyembuhan herpes oleh dokter Akhigbe. Jadi saya menghubungi dia untuk mencoba keberuntungan saya, kami berbicara dan dia mengirim saya obat melalui jasa kurir dan dengan instruksi tentang bagaimana meminumnya. Untuk kejutan terbesar saya minum obat herbal dalam waktu tiga minggu saya mendapat perubahan dan saya sembuh total . Saya tidak benar-benar tahu bagaimana itu terjadi tetapi ada kekuatan dalam pengobatan herbal Dr Akhigbe. Dia adalah dokter jamu yang baik.

    ReplyDelete