Nyamuk Aedes Aegypti

Nyamuk Aedes Aegypti

Wednesday, March 2, 2011

Saturday, 7 August 2010
7 Penyebab Nyamuk Mengincar Tubuh Manusia

hmm, mungkin banyak yang bertanya kenapa gw melabel postingan ini di info kesehatan. jawabannya adalah karena nyamuk itu salah satu 'vektor' atau pembawa beberapa virus yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit. contohnya demam berdarah dengue, malaria, chikungunya, dll. nah, maka dari itu postingan ini mudah-mudahan bisa mencegah anda-anda tertular dari penyakit yang dibawa oleh nyamuk (lebih tepatnya adalah gigitan nyamuk).
let's check it out!

1. Selalu memakai pakaian warna gelap
Nyamuk sejak dulu memang "diprogram" untuk memburu mamalia, yang kulit dan bulunya cenderung gelap, begitu menurut ahli entomologi Grayson Brown, PhD. Dalam eksperimennya, pekerja laboratorium Brown mengenakan pakaian warna putih. Terbukti, nyamuk tak begitu ngebet pada mereka.

2. Menyemprotkan parfum beraroma bunga
Nyamuk senang menghisap cairan manis pada bunga, sebagai bekal energinya untuk terbang dan menyengat. Jika mengenakan parfum beraroma mawar, tak salah jika nyamuk mengira Anda adalah bunga mawar.

3. Gemar minum bir
Peminum bir ternyata 63 persen lebih menarik bagi nyamuk ketimbang peminum air putih, demikian menurut suatu penelitian di Perancis. Alkohol memang mempengaruhi bau mulut dan aroma tubuh. Meskipun begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut apakah hal ini juga terjadi pada peminum tipe alkohol lain, seperti anggur dan koktil.

4. Hamil
Menurut para peneliti, ibu hamil dua kali lebih menarik daripada perempuan yang tidak hamil. Khususnya pada trimester akhir kehamilan, perempuan akan menghembuskan nafas 21 persen lebih banyak, dan ini memikat nyamuk yang memang menyukai karbondioksida dan kelembaban. Suhu tubuh ibu hamil juga cenderung lebih tinggi, sehingga lebih mudah dideteksi oleh nyamuk.

5. Tidak mengosongkan air di bathtub
Tahu kan kalau nyamuk tertarik dengan kubangan atau genangan air. Misalnya air hujan yang tertampung di kaleng kosong. Untuk mencegah nyamuk memasuki rumah, pastikan tidak ada genangan air di rumah, mandilah di bahttub (berendam) setidaknya sekali seminggu saja, pangkas rumput di halaman secara teratur, dan tutupi kolam renang di rumah (bila ada) saat tidak digunakan.

6. Senang tidur larut malam
Nyamuk lebih banyak aktif mulai sore hingga dini hari. Saat itulah mereka mulai berburu di rumah. Hindari kebiasaan makan di luar ruangan, agar tidak menjadi mangsa nyamuk.

7. Sering berkeringat
Para peneliti di Universita Yale mendapati bahwa nyamuk bisa mengincar senyawa kimia dalam keringat kita. Keringat juga bisa membuat obat nyamuk yang dikenakan (misalnya yang dioleskan atau disemprotkan) mudah lenyap. Oleh karena itu, oleskan kembali tiap beberapa jam, namun tidak dianjurkan untuk memakainya terlalu banyak karena bisa menyebabkan iritasi kulit.

sumber: Kompas
Posted by sifa fauzia at 21:37
Labels: info kesehatan
http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://2.bp.blogspot.com/_nX9cfxzSRRE/TF1zeqd0c4I/AAAAAAAAAGo/8YiNu5DJJXw/s1600/1_nyamuk2.jpg&imgrefurl=http://lovesunset90.blogspot.com/2010/08/7-penyebab-nyamuk-mengincar-tubuh

No comments:

Post a Comment